Tips dan cara memelihara ikan koi di kolam

tips-cara-memelihara-ikan-koi-dalam-kolam
tips-cara-memelihara-ikan-koi-dalam-kolam

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan yang sangat diminati oleh masyarakat indonesia sebagai ikan hias di dalam kolam, selain warna dan corak yang indah dari ikan koi. Ikan koi juga tergolong mudah untuk pengembangbiakannya, untuk perawatan ikan koi hampir sama dengan ikan – ikan lainnya, yaitu dengan memiliki kondisi air yang baik, kolam yang sesuai dan juga pemberian pakan sebagai cara memelihara ikan koi di dalam kolam. Kolam ikan koi yang harus luas dan dalam tentu memiliki maksudnya tersendiri.

Perhatian Serius Bagi Ikan Koi

Hindarkan Dari Sinar Matahari Berterusan

Kolam yang dalam membantu ikan koi supaya tidak terus – menerus terpapar sinar matahari, ikan koi bukan ikan yang tahan terhadap matahari secara terus – terusan, hal tersebut apabila dibiarkan akan menjadi dampak buruk bagi si ikan koi, dampak buruk yang terdapat pada ikan koi nya seperti pertumbuhannya yang lambat dan warna indah dari ikan koi akan memudar. Untuk standar ukuran kolam untuk memelihara ikan koi adalah 1,5 meter x 2 meter dengan kedalaman 50 sampai 80 cm.

Selain ukuran kolam yang dalam sebaiknya di perhatikan juga dari jarak permukaan air dan bibir kolam, hal tersebut dikarenakan ikan Koi merupakan ikan yang biasa melompat, sehingga harus diberi jarak antara permukaan air dan bibir kolam. Untuk jarak permukaan air dan bibir kolam sekitar 25cm.

Sebagai cara memelihara ikan koi di kolam yang lain, ada baiknya anda juga memasangkan pipa saluran pembuangan air kotor di bagian bawah kolam, dan pipa saluran air bersih di bagian atasnya. Hal ini bertujuan supaya air dapat selalu silih berganti sehingga ada sirkulasi air untuk kecukupan oksigen ikan koi tersebut.

Mem-Filter Air Kolam Ikan Koi

Nah….selain itu, cara memelihara ikan koi dalam kolam yang baik adalah memperhatikan adanya filter yang terdiri dari 4 lapisan untuk melindungi kebersihan air, filter tersebut dapat melindungi kebersihan air dari kerikil, pasir, lumpur dan sampah. Filter tersebut juga berfugsi sebagai pengendali karbon zeolit yang berguna untuk mengurangi racun dan bau selain itu, filter juga berfungsi sebagai penetralisir pestisida dan juga untuk pembersihan kolam. Mengganti air kolam ikan koi ada baiknya dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Untuk pemberian pakan ikan koi, jenis makanan yang baik untuk ikan koi adalah white germ, atau pakan – pakan lain yang memiliki kandungan protein tinggi yang biasa di dapatkan dari gandum, tepung ikan, atau tepung udang. White germ sendiri memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap untuk pertumbuhan si ikan koi. Apabila anda ingin memelihara ikan koi dalam kolam supaya ikan koi memiliki warna yang cerah, maka berikan pakan yang berkaroten tinggi, seperti wartel, ganggang spirullina, sawi, dan kubis.

Leave a comment